ilalangkota
Sejarah  mencatat. Gajah Mada adalah Mahapatih Amangkubumi mumpuni dan berjasa besar pada Majapahit.  Bahkan, nama besar Gajah Mada, di beberapa daerah, lebih dikenal dari pada raja-raja Majapahit, termasuk Hayam Wuruk atau Sri Rajasanagara (1350 – 1359) sendiri. Karena jasanya,  Professor Muhammad Yamin menyebut Gajah Mada Pahlawan Persatuan Nusantara. Boleh jadi, konsep Negara Kepulauan Indonesia saat ini adalah visi dari Gajah Mada di tahun 1300 Masehi. Sekitar 7 abad lalu!

Dibalik ketenaran, keunggulan serta kecemerlangan di bidang ilmu politik pemerintahan, hukum serta  kanuragan, namun asal usul, jati diri dan  akhir hayat Gajah Mada masih menjadi teka teki. Gajah Mada muncul dalam sejarah saat menjadi Bekel (kepala) Bhayangkara , yaitu satuan pengawal raja Jayanegara. Gajah Mada mampu menyelamatkan raja ke Bedander karena ada pemberontakan yang dipimpin Kuti. Bahkan, dengan segala daya upaya dan kepiawaiannya, Gajah Mada mampu mengatasi pemberontakan dan mengembalikan Prabu Jayanegara ke dampar kencana tahta Majapahit. Menariknya, tidak mungkin bila Prabu Jayanegara mempercayakan keselamatannya kepada seorang “Gajah Mada” yang tidak diketahui asal usulnya! Ibaratnya, tidak mudah dan tidak mungkin bagi seseorang untuk menjadi bagian apalagi pimpinan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) bila tidak memiliki track record yang luar biasa dan istimewa!
ilalangkota
Kesenian daerah merupakan salah atu asset budaya yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus dan transparan dalam pembinaan, pelestarian serta pengembangannya. di Pasuruan telah tercipta berbagai ragam kesenian dlm bentuk karya Tari yang sebagian besar menggambarkan keaneka ragaman kesenian daerah dan potret cerita rakyat Pasuruan, Karya Tari antara lain: "KENCRING WIRASARI", "TERBANG BANDUNG", "YUDHA MANGGALA", "MERAK ABYOR" dan 'PAKSI KEPODANG. 

Karya Tari "TERBANG BANDUNG"
Merupakan ajang pergelaran kesenian yang dikompetisikan atau dapat diartikan kompetisi terbang dengan dilengkapi sepasang kedencong (kendang kembar) dan dilengkapi dengan sebuah jidor.
Tari Terbang Bandung adalah drama tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan pperkembangan dari seni Hadrah, tari ini dimainkan oleh dua atau lebih grup "terbang" yang dipentaskan secara bersamasama, istilah "bandung" berarti "Banding"
Drama Tari Terbang Bandung merupakan perbandingan perminan instrumen, kecakapan menari dan kemegahan tata busana antara dua grup terbang yang sedang bertanding.

Labels: 0 comments |
ilalangkota
peta Kota Pasuruan dimana banyak terdapat bangunan arsitektur Cina akhir abad 19
Pintu gerbang makam keluarga Han, yang terletak di jl. Hassanudin, Pasuruan.
Bentuknya mengingatkan kita pada pintu gerbang arsitektur Cina (Pai-Lou)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...