ilalangkota

Halaman Stasiun Pasuruan (sekitar tahun 1934)
Pemerintah Hindia Belanda memberikan konsesi kepada perusahaan kereta api swasta Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (PsSM) pada tahun 1893. PsSM mendapat konsesi untuk membangun jalan rel di kota Pasuruan dan sekitarnya hingga ke Wonorejo. Pada tahun 1896 - 1912, PsSM telah berhasil membangun jalan rel dengan total panjang 32 km. Saat itu rute ini dianggap sangat penting karena di Umbulan terdapat sumber air yang sangat besar dan perkebunan tembakau.PsSM mendatangkan 1 lokomotif C25 dari pabrik Hanomag (Jerman),10 lokomotif B16 didatangkan pada tahun 1896 - 1900 dari pabrik Hohenzollern (Jerman).
ilalangkota

Setiap menjelang magrib di Bulan Ramadhan, tidak sulit menemui para penjual makanan dan takjil yang kita temui di Kota Bangil. Hampir disepanjang jalan-jalan ramai, ataupun disetiap area perbelanjaan. Para pedagang musiman yang menjual aneka menu makanan berbuka, memenuhi setiap ruas jalan, dan kesemuanya dipadati oleh para pembeli.

Kita bisa menemui beragam menu makanan disana, utamanya piihan kuliner yang bersifat ringan untuk santapan takjil. Seperti kue-kue basah, martabak, puding, serabi. Juga aneka minuman seperti es kelapa muda, es buah, es cao, dawet, dan lain-lain. Kesemuanya mengundang selera dan mudah ditemui dengan harga yang relatif terjangkau.
Labels: 2 comments |
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...