ilalang kota

Rambaldo, Sang Penggagas Jalur Penerbangan di Indonesia. Alfred Emille Rambaldo lahir di Rembang, Pasuruan.

Tahun 1908-1911 Alfred Emille Rambaldo, perintis perjalanan lewat udara pertama. Dia menemukan dan mengembangkan alat trasportasi udara dengan menggunakan balon udara bermesin.

Usia 29 tahun, terhitung  masih muda belia saat Ia mengenalkan dunia penerbangan di Hindia Belanda. Mengawali karir sebagai serdadu Angkatan Laut. Namun akhirnya dia tertarik mengembangkan teknologi anyar dari Eropa, yaitu perjalanan udara, alat transportasi yang belum dikenal di Hindia Belanda.

Rambaldo menggagas pembuatan balon bermesin yang berpusat di Surabaya. Langkah ini kemudian diikuti perkembangan sistem observasi meteorologi dan pemotretan dari udara di kota ini. Semua salut dengan pemuda ini karena temuannya termasuk fenomenal.

Usia 31 tahun Dia tewas. Rambaldo menemui ajal justru jatuh dari balon udara saat uji coba di Blora, dalam perjalanan dari Surabaya ke Semarang dimakamkan di Kompleks Makam Kembang Kuning Surabaya.

Karena jasanya, sempat dibangun patung badan Rambaldo di Kroesenpark (sekarang Taman Apsari) yang berlokasi tepat di depan Gedung Negara Grahadi. Namun, patung itu kini raib, diganti patung Gubernur Suryo. Sebagai gantinya, patung dan pusara beliau dapat ditemui di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya.

Sumber:

http://palingindonesia.com/menelusuri-mereka-yang-merebah-di-kompleks-makam-kembang-kuning-surabaya/
http://jawatimuran.wordpress.com/2012/12/04/rambaldo-pasuruan/


Label:
0 Responses

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...